Jumat, 10 Februari 2017

Pengertian dan Fungsi Backup dan Restore

5 comments
Pengertian dan Fungsi Backup dan Restore

Pengertian Backup Data
memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di dalam hardisk komputer yang biasanya dilakukan dari satu lokasi/perangkat ke lokasi/perangkat lain. Data atau kumpulan informasi tersebut bisa berupa file dokumen, gambar, video, audio, system windows, driver, atau software/program tertentu.

Fungsi Backup Data
Kegunaan atau manfaat back up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data yang hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak bisa dibuka), perangkat komputer error/bermasalah, mati listrik, bencana, dan lain sebagainya.Dengan begitu cadangan data yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang/rusak/terhapus tadi. Fungsi back up data lebih mengacu pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan komputer.

System Restore 
adalah sebuah sytem / fitur yang terdapat pada operating system windows. Dengan System Restore memungkinkan seorang administator windows atau pengguna operating system windows untuk mengembalikan system windows pada kondisi sebelumnya atau pada kondisi semula.

Fungsi System Restore
Adalah apabila pada sebuah Operating System (OS) Windows mengalami masalah yang menyebabkan kinerja system tidak dapat bekerja dengan optimal. Masalah ini timbul disebabkan oleh beberapa hal seperti serangan virus, file error, dan kesalahan penggunanya.

Langkah Mem-Backup

1. Start > all programs > accessories > System tools > Backup
2. Muncul jendela wizard backup atau restore dan klik next
3. Pilih back up files and setting > klik next
 Cara backup data

4. Terdapat empat pilihan backup :
a). My documents and settings ( hanya foder my documents, favorites, desktop dan cookies)
b). Everyone’s documents and settings (foder my documents, favorites, desktop dan cookies dari semua user)
c). All information on this computer ( segala informasi yang ada )
d). Let me choose what to back up ( hanya pilihan yang dikehendaki )
e). Klik next
Cara backup data komputer

5. Pilih tempat menyimpan back up dan beri nama backup sesuai dengan kehenedak dan pastikan bahwa volumenya cukup untuk menyimpan file backup. Klik next
tempat menyimpan hasil backup komputer

6. Klik finish
Proses backup akan berjalan dan tunggu sampai proses selesai
cara membackup data komputer



Langkah Me-Restore
Untuk restore back up data lakukan langkah 1 sampai 3 kemudian pilih restore files and settings. Kemudian pilih lokasi file backup yang tersimpan. Dan ikuti instruksinya sampai selesai.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

5 komentar: